Membuat game pesawat"an

1. Buat Gambar pesawat dan convert movie clip diberi nama Player dan Linkage registration di tengah instance name player_mc
2. Buat Background dan convert movie clip diberi nama Background dan Linkage dan isntance name background_mc registration pojok kiri atas
3.Buat pluru dan convert movie clip diberi nama Peluru dan Linkage dan instance name peluru_
4. Hapus semua movie clipnya...
5. Buat button mulai ketikan coding di button tsb sama kaya tulang..
6. Buat gambar Musuh dan convert movie clip Musuh dan Linkage registration ditengah instance name musuh_
7. Buat juga batu dan convert ke movie clip dan linkage registration ditengah
8. Buat Health Bar convert movie clip dan linkage registration baris kedua pojok kiri instance name health_mc
9. Hapus semua movie clip
Lebih jelas lagi di link berikut http://flashindonesia.com/2010/03/bikin-game-pesawat-pesawatan-bagian-2/
10. ketikan coding brikut

001//menambahkan background dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu background_mc
002_root.attachMovie("Background""background_mc"0);
003//menambahkan player dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu player_mc
004_root.attachMovie("Player""player_mc"1);
005//menambahkan bar untuk nyawa dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu health_mc
006//di sini lokasi dari healthbar ditentukan dengan x = 380 dan y = 370
007_root.attachMovie("HealthBar""health_mc"2, {_x:380, _y:370});
008//inisialisasi nyawa sebesar 100
009var nyawa = 100;
010//memberikan timer
011var idInterval = setInterval(panggilMusuh, 1000);
012//memberikan event enterframe kepada _root agar melakukan tugasnya secara terus menerus
013_root.onEnterFrame = function() {
014    //menggerakkan background ke arah _x minus (ke kiri)
015    background_mc._x -= 3;
016    //memberikan kondisi jika background habis, maka ia akan mengulangi
017    if (background_mc._x<-1450) {
018        //mereset posisi background
019        background_mc._x = 0;
020    }
021    //memberikan status game over
022    if (nyawa<=0) {
023        nyawa = 0;
024        trace("Game Over");
025    }
026    //mengeset agar ukuran dari health_mc menyesuaikan dengan health
027    health_mc._width = (nyawa/100)*150;
028};
029//memberikan event ketika mouse bergerak
030_root.onMouseMove = function() {
031    //menghilangkan mouse
032    Mouse.hide();
033    //menggerakkan player_mc
034    player_mc._x += (_xmouse-player_mc._x)/5;
035    player_mc._y += (_ymouse-player_mc._y)/5;
036};
037//memberikan event ketika mouse ditekan
038_root.onMouseDown = function() {
039    //mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek
040    var depth = _root.getNextHighestDepth();
041    //menambahkan peluru ke stage
042    var peluru = _root.attachMovie("Peluru""peluru_"+depth, depth, {_x:player_mc._x, _y:player_mc._y});
043    //memberikan event enterframe pada peluru
044    peluru.onEnterFrame = function() {
045        //menggerakkan peluru
046        this._x += 5;
047        //memberikan kondisi jika letaknya melebihi batas
048        if (this._x>550) {
049            //menghapus peluru (yang melebihi batas)
050            removeMovieClip(this);
051        }
052        //melakukan perulangan terhadap musuh
053        var kedalamanMusuhSekarang = _root.getNextHighestDepth()-1;
054        for (var i = kedalamanMusuhSekarang; i>kedalamanMusuhSekarang-10; i--) {
055            if (_root["musuh_"+i].hitTest(this)) {
056                removeMovieClip(_root["musuh_"+i]);
057                removeMovieClip(this);
058            }
059        }
060    };
061};
062function panggilMusuh() {
063    //mendapatkan angka random yaitu 0 dan 1
064    var angkaRandom = random(2);
065    //mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek
066    var depth = _root.getNextHighestDepth();
067    if (angkaRandom == 0) {
068        //memanggil musuh
069        var musuh = _root.attachMovie("Musuh""musuh_"+depth, depth, {_x:550, _y:random(400)});
070        musuh.onEnterFrame = function() {
071            //menggerakkan musuh ke kiri sebanyak 3 piksel
072            this._x -= 3;
073            //memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus
074            if (this._x<0) {
075                removeMovieClip(this);
076            }
077            //memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player,
078            //maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya
079            if (this.hitTest(_root.player_mc)) {
080                nyawa -= 10;
081                removeMovieClip(this);
082            }
083        };
084    else {
085        //memanggil musuh
086        var batu = _root.attachMovie("Batu""musuh_"+depth, depth, {_x:550, _y:random(400)});
087        batu.onEnterFrame = function() {
088            //menggerakkan batu ke kiri sebanyak 3 piksel
089            this._x -= 2;
090            //memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus
091            if (this._x<0) {
092                removeMovieClip(this);
093            }
094            //memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player,
095            //maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya
096            if (this.hitTest(_root.player_mc)) {
097                nyawa -= 10;
098                removeMovieClip(this);
099            }
100        };
101    }
102}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar