2. Buat Background dan convert movie clip diberi nama Background dan Linkage dan isntance name background_mc registration pojok kiri atas
3.Buat pluru dan convert movie clip diberi nama Peluru dan Linkage dan instance name peluru_
4. Hapus semua movie clipnya...
5. Buat button mulai ketikan coding di button tsb sama kaya tulang..
6. Buat gambar Musuh dan convert movie clip Musuh dan Linkage registration ditengah instance name musuh_
7. Buat juga batu dan convert ke movie clip dan linkage registration ditengah
8. Buat Health Bar convert movie clip dan linkage registration baris kedua pojok kiri instance name health_mc
9. Hapus semua movie clip
Lebih jelas lagi di link berikut http://flashindonesia.com/2010/03/bikin-game-pesawat-pesawatan-bagian-2/
10. ketikan coding brikut
001 | //menambahkan background dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu background_mc |
002 | _root.attachMovie( "Background" , "background_mc" , 0 ); |
003 | //menambahkan player dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu player_mc |
004 | _root.attachMovie( "Player" , "player_mc" , 1 ); |
005 | //menambahkan bar untuk nyawa dengan nama yang dikenali oleh stage yaitu health_mc |
006 | //di sini lokasi dari healthbar ditentukan dengan x = 380 dan y = 370 |
007 | _root.attachMovie( "HealthBar" , "health_mc" , 2 , {_x: 380 , _y: 370 }); |
008 | //inisialisasi nyawa sebesar 100 |
009 | var nyawa = 100 ; |
010 | //memberikan timer |
011 | var idInterval = setInterval(panggilMusuh, 1000 ); |
012 | //memberikan event enterframe kepada _root agar melakukan tugasnya secara terus menerus |
013 | _root.onEnterFrame = function() { |
014 | //menggerakkan background ke arah _x minus (ke kiri) |
015 | background_mc._x -= 3 ; |
016 | //memberikan kondisi jika background habis, maka ia akan mengulangi |
017 | if (background_mc._x<- 1450 ) { |
018 | //mereset posisi background |
019 | background_mc._x = 0 ; |
020 | } |
021 | //memberikan status game over |
022 | if (nyawa<= 0 ) { |
023 | nyawa = 0 ; |
024 | trace( "Game Over" ); |
025 | } |
026 | //mengeset agar ukuran dari health_mc menyesuaikan dengan health |
027 | health_mc._width = (nyawa/ 100 )* 150 ; |
028 | }; |
029 | //memberikan event ketika mouse bergerak |
030 | _root.onMouseMove = function() { |
031 | //menghilangkan mouse |
032 | Mouse.hide(); |
033 | //menggerakkan player_mc |
034 | player_mc._x += (_xmouse-player_mc._x)/ 5 ; |
035 | player_mc._y += (_ymouse-player_mc._y)/ 5 ; |
036 | }; |
037 | //memberikan event ketika mouse ditekan |
038 | _root.onMouseDown = function() { |
039 | //mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek |
040 | var depth = _root.getNextHighestDepth(); |
041 | //menambahkan peluru ke stage |
042 | var peluru = _root.attachMovie( "Peluru" , "peluru_" +depth, depth, {_x:player_mc._x, _y:player_mc._y}); |
043 | //memberikan event enterframe pada peluru |
044 | peluru.onEnterFrame = function() { |
045 | //menggerakkan peluru |
046 | this ._x += 5 ; |
047 | //memberikan kondisi jika letaknya melebihi batas |
048 | if ( this ._x> 550 ) { |
049 | //menghapus peluru (yang melebihi batas) |
050 | removeMovieClip( this ); |
051 | } |
052 | //melakukan perulangan terhadap musuh |
053 | var kedalamanMusuhSekarang = _root.getNextHighestDepth()- 1 ; |
054 | for (var i = kedalamanMusuhSekarang; i>kedalamanMusuhSekarang- 10 ; i--) { |
055 | if (_root[ "musuh_" +i].hitTest( this )) { |
056 | removeMovieClip(_root[ "musuh_" +i]); |
057 | removeMovieClip( this ); |
058 | } |
059 | } |
060 | }; |
061 | }; |
062 | function panggilMusuh() { |
063 | //mendapatkan angka random yaitu 0 dan 1 |
064 | var angkaRandom = random( 2 ); |
065 | //mendapatkan kedalaman, kedalaman digunakan karena pada 1 depth hanya memiliki 1 objek |
066 | var depth = _root.getNextHighestDepth(); |
067 | if (angkaRandom == 0 ) { |
068 | //memanggil musuh |
069 | var musuh = _root.attachMovie( "Musuh" , "musuh_" +depth, depth, {_x: 550 , _y:random( 400 )}); |
070 | musuh.onEnterFrame = function() { |
071 | //menggerakkan musuh ke kiri sebanyak 3 piksel |
072 | this ._x -= 3 ; |
073 | //memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus |
074 | if ( this ._x< 0 ) { |
075 | removeMovieClip( this ); |
076 | } |
077 | //memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player, |
078 | //maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya |
079 | if ( this .hitTest(_root.player_mc)) { |
080 | nyawa -= 10 ; |
081 | removeMovieClip( this ); |
082 | } |
083 | }; |
084 | } else { |
085 | //memanggil musuh |
086 | var batu = _root.attachMovie( "Batu" , "musuh_" +depth, depth, {_x: 550 , _y:random( 400 )}); |
087 | batu.onEnterFrame = function() { |
088 | //menggerakkan batu ke kiri sebanyak 3 piksel |
089 | this ._x -= 2 ; |
090 | //memberikan kondisi jika posisi x berada kurang dari 0, maka objek akan dihapus |
091 | if ( this ._x< 0 ) { |
092 | removeMovieClip( this ); |
093 | } |
094 | //memberikan kondisi jika musuh bertabrakan dengan player, |
095 | //maka objek akan hilang dan player akan berkurang darahnya |
096 | if ( this .hitTest(_root.player_mc)) { |
097 | nyawa -= 10 ; |
098 | removeMovieClip( this ); |
099 | } |
100 | }; |
101 | } |
102 | } |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar