Cara membuat flash tulang

Cara Membuat flash menangkap tulang

1. Kemudian buat sebuah gambar tulang, dan seleksi tulang tersebut. Lalu klik kanan dan pilih Convert to Symbol terus pilih MovieClip. Klik Advance agar tampil lebih banyak lagi, kemudian centang Export for Actionscript, dan ketikkan tulang pada Identifiernya.
2. Buat sebuah gambar lainnya yaitu mangkok, tulang emas dan bom. Masing-masing beri identifier mangkok, tulang_emas, dan batu. Cara membuatnya sama dengan langkah sebelumnya.
3. Hapus semua gambar yang ada di stage, cukup tekan Ctrl + A dan delete.. pada layer satu tersebut
4. Tambahkan keyframe pada frame 2 dn 3
5. layer satu buat sebuah button mulai untuk mengarah ke layer 2 dengan coding
    
1on(release){
2    //berpindah ke game (pada frame 2)
3    gotoAndStop(2);
4}

dan layer 1 kita tulis coding stop();

6. buat sebuah keterangan waktu dan score pada layer 2 dengan menambahkan dinamic text dan varnya secara berurut waktu dan score lalu masukan coding berikut

  
01//memanggil mangkok dari library dan ditaruh ke _root (stage)
02_root.attachMovie("mangkok","mangkok",0,{_x:275,_y:350});
03//secara berkala setiap 1000 milidetik memanggil fungsi panggilTelur
04var telurInterval = setInterval(panggilTelur,1000);
05//secara berkala kurangi waktu setiap 1000 milidetik / 1 detik
06var waktuInterval = setInterval(kurangiWaktu,1000);
07 
08//mereset waktu
09score = 0;
10waktu = 5;
11 
12//berjalan secara terus menerus
13_root.onEnterFrame=function(){
14    //posisi mangkok ditentukan oleh posisi x dari mouse
15    mangkok._x = _xmouse;
16}
17 
18//fungsi panggilTelur, digunakan untuk memanggil telur dari langit
19function panggilTelur(){
20    //menciptakan angka random
21    var angkaRandom = random(10);
22    var objekYangDipanggil = "";
23 
24    //melihat angka random
25    if(angkaRandom>=0 && angkaRandom<=6){
26        objekYangDipanggil = "tulang";
27    }else if(angkaRandom>=7 && angkaRandom<=8){
28        objekYangDipanggil = "tulang_emas";
29    }else{
30        objekYangDipanggil = "batu";
31    }
32    //depth digunakan sebagai kedalaman saat menambahkan movieclip ke stage
33    var depth = _root.getNextHighestDepth();
34    //memanggil objek movieclip ke stage
35    var objek = _root.attachMovie(objekYangDipanggil, objekYangDipanggil+"-"+depth, depth);
36    objek._x = random(500);
37    objek._y = 0;
38    //properti nama digunakan sebagai pengenal
39    objek.nama = objekYangDipanggil;
40    //agar objek dapat bergerak
41    objek.onEnterFrame=function(){
42        //menggerakkan objek ke bawah
43        this._y += 10;
44        //mengecek kondisi jika bersentuhan dengan mangkok
45        if(this.hitTest(_root.mangkok)){
46            //menambah atau mengurangi score
47            if(this.nama == "tulang"){
48                score += 10;
49            }else if(this.nama == "tulang_emas"){
50                score += 20;
51            }else{
52                score -= 10;
53            }
54            //kemudian menghapusnya
55            delete this.onEnterFrame;
56            this.removeMovieClip();
57        }
58        //mengecek kondisi jika objek telah melewati batas
59        if(this._y>=450){
60                    //menghapus objek tersebut
61            delete this.onEnterFrame;
62            this.removeMovieClip();
63        }
64    }
65}
66 
67//fungsi kurangi waktu
68function kurangiWaktu(){
69    waktu -= 1;
70    //jika waktu habis, pergi ke game over
71    if(waktu == 0){
72        //membersihkan semua objek di stage
73        for(i=0;i<=_root.getNextHighestDepth();i++){
74            _root.getInstanceAtDepth(i).removeMovieClip();
75        }
76        //menghilangkan semua interval
77        clearInterval(telurInterval);
78        clearInterval(waktuInterval);
79        //pergi ke frame 3
80        _root.gotoAndStop(3);
81    }
82}


7. buat tulisan game over dengan static text dan hasil score kita copy saja score dinamic text yang ada diframe 2, setelah itu selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar